Mengenal Breadcrumbs dan Fungsinya dalam SEO

Diposting oleh Blogger Santuy on 11.13.2012


Get free daily email updates!

Follow us!

Info Blog-Mahir blogger pada kesempatan atau postingan kali ini akan memberikan informasi mengenai dunia blog. Info blog ini walaupun kelihatannya sudah banyak yang memposting, tapi sebenarnya dalam postingan saya semuanya adalah pengalaman pribadi saya. Maksudnya, apa yang saya posting dalam blog saya adalah sesuatu yang menjadi pertanyaan saya. Jadi, ini sekedar share atas apa yang saya tidak ketahui dalam dunia blogging, kemudian saya tuangkan kembali dalam bentuk postingan seperti ini jika saya sudah tahu jawabannya. Lihat saja, hampir semua tutorial blog saya yang saya posting, saya juga aplikasi ke dalam blog ini. Maklum, saya juga masih newbie, blogger pemula.

Mengenal Breadcrumbs. Breadcrumbs adalah sebuah navigasi pada blog yang biasanya memberikan informasi kepada pengunjung blog, dimana posisinya sekarang. Maksudnya, posisi atau letak postingan yang mereka baca. Sedangkan definisi yang dibuat oleh Wikipedia seperti ini "Breadcrumbs or breadcrumb trail is a navigation aid used in user interfaces", semoga Anda mengerti artinya. Breadcrumbs merupakan gambaran bagi siapa saja yang ingin memperhatikan bahwa sebuah blog atau website yang terpasang breadcrumbs adalah seperti akar atau tangga yang bertingkat-tingkat. Biasanya tingkat tertinggi adalah home/beranda dari blog atau website itu sendiri. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini:
breadcrumbs adalah dan fungsinya
Ya, ketika Anda melihat gambar di atas. Dengan mudah mungkin dapat memberikan pengertian sendiri mengenai breadcrumbs ini. Lihat kembali strukturnya, You are here: Home / Music / Listen, jadi jelas bukan kalau breadcrumbs sebenarnya adalah seperti struktur tangga atau akar dalam sebuah pohon. Listen mewakili serabut akar paling halus, kemudian membesar ke Music (bisanya menunjukkan label postingan), kemudian berakhir pada pangkal akar itu sendiri atau Home (tampilan muka/beranda dari blog atau website). Untuk lebih jelasnya, breadcrumbs mungkin juga dapat dikatakan struktur file dalam sebuah blog. Mirip struktur file dalam sebuah file di dalam komputer.
breadcrumbs adalah dan fungsinya

Jadi, sudah jelas ya pengertian dari breadcrumbs itu. Semoga Anda paham dari definisi breadcrumbs yang baru saya paparkan. Kemudian, lanjut ke permasalahan kedua. Apa fungsi dari breadcrumbs ini ? Terus apakah breadcrumbs berguna dalam SEO (Search Engine Optimization) sebuah blog. Berikut penjelasan saya mengenai manfaat atau fungsi breadcrumbs. Breadcrumbs berfungsi untuk :
  1. Memberikan kemudahan navigasi bagi pengunjung blog atau website
  2. Breadcrumbs berfungsi untuk membantu untuk memberikan orientasi, menunjukkan jalan kepada mereka para pengunjuing blog Anda untuk mengetahui lokasi dimana postingan mereka baca.
  3. Link atau tatutan yang ada di breadcrumbs membantu para pengunjung blog Anda dengan cepat untuk kembali ke halaman awal meraka kunjugi atau setidaknya kembali ke beranda / home blog atau website Anda.
Lantas, adakah fungsi atau manfaat breadcrumbs dalam hal SEO blog Anda. Berikut info yang saya dapat terkait manfaat breadcrumbs untuk SEO.
  1. Keyword Density-breadcrumbs menambahkan keyword atau kata kunci yang Anda fokuskan bangun dalam halaman blog Anda, building desinty.
  2. Untuk index halaman oleh Google. Dalam pencarian google, biasanya si mesin pencari ini juga menyertakan navigasi blog yang sedang di cari, atau bisa dikatakan bahwa google juga mengindex navigasi terkait keyword yang Anda isikan dalam kotak pencariannya. Contoh, mungkin yang bisa menjelaskan hal ini adalah ketika saya menuliskan di kotak pencarian google "berita wanita", atau "info wanita", maka dalam salah satu hasil pencariannya terlihat seperti berikut ini (blog yang menerapkan breadcrumbs untuk blognya).
breadcrumbs adalah dan fungsinya

Jadi, untuk SEO (Optimasi mesin Pencari) ini dengan breadcrumbs, banyak keyword atau kata kunci yang dapat diindex oleh google dalam blog Anda.

Mungkin, itu yang bisa saya share kepada Anda mengenai pengertian breadcrumbs, bagaimana manfaat dan fungsi breadcrumbs, hingga sedikit saya serempet mengenai manfaat breadcrumbs untuk SEO. Itu yang dapat saya share pada kesempatan ini. Berikut adalah postingan yang terkait dengan postingan ini, info blog :
1. Seberapa cepat loading blog Anda ?
2. Pengenalan Singkat HTML
3. Hal yang Membuat blog kurang Pengunjung
4. Mengenal Template SEO Friendly
5. Pengertian Parse HTML

Seperti aturan biasa, jika Anda ingin menyimpan postingan ini atau yang lebih "ingin meng-copy", mohon selalu sertakan link dari postingan ini :

Mohon Perhatian

Terima kasih atas kunjungan Anda di mahir blogger. Hubungi kami jika Anda menemukan konten/postingan
yang rusak/tidak terbaca. Silahkan beritahu kami dengan menulis pesan
pada kotak komentar. Kami akan berusaha menanggapi dan memperbaiki konten
tersebut secepatnya. Saran, kritik, dan komentar Anda sangat berharga buat kami. Terima Kasih, Contact on : mahirblogger@gmail.com.

Posted by : Mahir Blogger

Artikel Mengenal Breadcrumbs dan Fungsinya dalam SEO diposting oleh Mahir Blogger pada 11.13.2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar. Jika diperlukan, Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog Anda, hanya mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini. Terima kasih.
Comments
6 Comments
Widget Comment FB-Blog
Adi mengatakan... Reply Comment

Apa harus pake class tertentu untuk css'nya biar terdeteksi google kalo itu breadrumb? terima kasih.

Yoyo Suharyo mengatakan... Reply Comment

ok kang, makasih pengertian atas breadcrumbsnya, saya newbie hehe.. tolong kunjungi web saya ya kang..

Unknown mengatakan... Reply Comment

wah,,komplit banget penjelasanya mas...terimakasih sudah share.

Jun Setyawan mengatakan... Reply Comment

Memang breadcrumb dalam seo adalah hal penting yang harus di perhatikan dan tidak boleh di abaikan begitu saja

Unknown mengatakan... Reply Comment

Bang numpang tanya .
Tampilan saya kok cuman satu
baru buat 4 kok sekarang cuman 1 (main postnya).
mohon penjelasannya, coba buka blog saya. faturgendeng.blogspot.co.id

Anonim mengatakan... Reply Comment

untuk fungsi breadcumb ini apakah akan membantu seo untuk web saya tas import murah

Posting Komentar

Terimah kasih atas Kunjungan Anda di Mahir Blogger. Silahkan Anda berkomentar, bertanya, memberikan saran, tanggapan, testimoni, atau bisa saja sekedar blogwalking. Silahkan pilih, Anda mau berkomentar dengan menggunakan Account Google, Live Journal, Wordpress, Type Pad, AIM, Open Id, Name/Url Anda bahkan bagi pengguna Anonim. Mohon berkomentar yang baik-baik, demi kemajuan blog ini. Komentar atau tanggpan yang terlambat saya respon mohon dimaafkan karena kekurangan waktu saya untuk selalu on line, banyak juga pekerjaan di dunia off line. Hehehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...