Penjelasan toolbar saat menulis postingan

Diposting oleh Blogger Santuy on 1.14.2012


Get free daily email updates!

Follow us!


Memposting artikel adalah kegiatan utama dalam kegiatan blogger. Karena dari postinganlah kita dapat mengutarakan opini kita, menjelaskan pemikiran kita terhadap sesuatu, atau dengan postingan kita dapat menggoda atau menarik hati para pembaca untuk membeli produk yang kita tawarkan. Nantinya, Anda akan sering bersinggungan dengan halaman ini. Nah, kali ini saya ingin memposting penjelasan toolbar-toolbar yang ada pada halaman ini pada Anda. Ini nantinya akan sangat berguna bagi para blogger pemula. Untuk itu, perhatikan baik-baik alat bantu dari toolbar ini.
Penjelasan isi toolbar dari arah kiri :
1.      Font
Digunakan untuk memilih jenis huruf yang akan digunakan dan ditampilkan dalam postingan Anda. Ini juga dapat digunakan untuk mengedit kata atau frase bahkan kalimat tertentu. Biasanya kalimat atau kata yang penting. Cukup blok kata/frasa atau kalimat yang penting, kemudian pilih jenis huruf yang diinginkan.
2.      Ikon ukuran font (TT)
Memberikan alternative bagi Anda berapa ukuran font yang ingin Anda gunakan dalam postingan Anda.
3.      Ikon tebal
Memberi efek ketebalan, terkesan kuat pada teks yang Anda pilih.
4.      Ikon italic (miring)
Ikon ini berguna untuk memberi efek huruf miring pada teks yang  Anda pilih. Saran gunakan pada keyword yang Anda bidik.
5.      Ikon warna teks
Memberi warna pada teks yang dipilih.
6.      Ikon hubungan (link/tautan)
Memberi tautan atau link pada kata yang Anda pilih. Misal Anda memilih kata Google, maka dengan menggunakan ikon ini maka saat ada orang yang meng-kliknya maka secara otomatis akan berpindah pada url atau tampilan muka Google.com.
7.      Ikon rata kiri
Merata kirikan teks yang Anda pilih.
8.      Ikon rata tengah
Berfungsi untuk merata tengahkan teks yang dipilih.
9.      Ikon rata kanan
Untuk merata kanankan teks yang dipilih.
10. Ikon rata kiri-kanan (justice)
Memberikan keseimbangan antara rata kanan dan rata kiri.
11. Ikon daftar bernomor
Berguna untuk memberikan urutan pada teks dengan angka.
12. Ikon daftar dengan bullet
Sama halnya fungsi ikon daftar bernomor, cuman memberikan variasi lain yaitu dengan penggunaan bullet.
13. Ikon blockquote
Digunakan untuk lebih menonjolkan bagian tulisan yang dianggap penting. Penggunaannya sorot paragraph,lalu klik ikon ini.
14. Ikon periksa ejaan (ABC)
Berguna untuk memeriksa kebenaran penulisan. Tapi, cuman berguna jika Anda menggunakan bahasa Inggris.
15. Ikon tambahkan gambar
Berguna untuk menambahkan file gambar pada postingan kita. Pada bagian ini, Anda dapat memilih file gambar dimana berasal, apakah dari hard disk Anda atau dari internet. Saran jangan gunakan gambar yang berlebihan/terlalu banyak.
16. Ikon tambah video
Kegunaannya sama dengan ikon tambahkan gambar, cuman yang akan ditambahkan yaitu file video.
17. Ikon hapus format dari pilihan
Digunakan untuk mengembalikan postingan ke bentuk normal atau semula tanpa pemformatan. Lakukan dengan memblok tulisan yang ingin dirubah, kemudian klik ikon ini.
Itulah tadi penjelasan kegunaan toolbar pada halaman postingan. Penggunaannya mudah, sama dengan MS. Word. Shortcut-nya pun masih berguna dan tetap sama, misalnya Ctrl+C untuk mengkopy, Ctrl+V untuk mempaste, dsb. Sekian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.

Posted by : Mahir Blogger

Artikel Penjelasan toolbar saat menulis postingan diposting oleh Mahir Blogger pada 1.14.2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar. Jika diperlukan, Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog Anda, hanya mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini. Terima kasih.
Comments
0 Comments
Widget Comment FB-Blog

Posting Komentar

Terimah kasih atas Kunjungan Anda di Mahir Blogger. Silahkan Anda berkomentar, bertanya, memberikan saran, tanggapan, testimoni, atau bisa saja sekedar blogwalking. Silahkan pilih, Anda mau berkomentar dengan menggunakan Account Google, Live Journal, Wordpress, Type Pad, AIM, Open Id, Name/Url Anda bahkan bagi pengguna Anonim. Mohon berkomentar yang baik-baik, demi kemajuan blog ini. Komentar atau tanggpan yang terlambat saya respon mohon dimaafkan karena kekurangan waktu saya untuk selalu on line, banyak juga pekerjaan di dunia off line. Hehehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...