Mempercepat Loading Blog

Diposting oleh Blogger Santuy on 9.21.2012


Get free daily email updates!

Follow us!

Mempercepat-Loading-Blog-tutorial
Info Blog-Blogger mahir pada kesempatan kali ini sebenarnya ingin share kepada Anda tenatng masalah loading pada blog. Sebelumnya sebenarnya, saya sudah membahas mengenai "Bagaimana cara mengetahui kecepatan loading blog" dengan memberikan Anda tools atau alat yang dapat mendeteksi kecepatan blog Anda. Jika belum membaca, silahkan Anda membaca dalam postingan saya yang berjudul "Seberapa cepat Loading Blog Anda".
Info blog yang sebenarnya saya mau eksplore kepada Anda ini adalah salah satu pengalaman saya. Saya ingin share karena saya yakin ini akan sangat bermanfaat buat Anda para blogger yang menginginkan dan mendambahkan blog yang selama ini dengan tekun di pelihara (dalam artian : posting artikel secara rutin, mempercantik tampilan blog, melakukan promosi blog, etc) menjadi blog yang cepat loading-nya. Karena saya percaya bahwa, para pembaca blog kita itu biasanya akan sangat memperhatikan masalah kecepatan blog kita.
Para petualang dunia blog, peselancar (surfing) dunia maya adalah rata-rata orang yang tidak sabaran. Ingin isntan, termasuk dalam mencari literatur misalnya. Oleh karena itu, memang adalah salah satu kewajiban kita mungkin (pemilik blog) untuk memberikan apa yang diminta oleh para pengunjung blog kita.
Okey, mungkin sudah cukup prolog saya. Siapa tahu nanti ada yang protes, hehehe.
Mempercepat loading blog, memang ada beberapa cara yang dapat dilakukan dan yang paling umum yang saya temukan selama ini adalah dengan meng-kompres kode-kode HTML blog. Tapi, dalam beberapa kasus misalnya (pernah saya alami sendiri) jikalau Anda tidak hati-hati dalam meng-kompres kode HTML ataupun kode CSS blog Anda bukan tidak mungkin tampilan blog Anda nantinya akan rusak. Makanya, dalam proses kompress kode HTML ataupun CSS blog ada konsekuensi, tapi waktu saya mendapat pengalaman seperti itu, untung saja saya mendownload/mengcadangkan template saya. Ini adalah pelajaran penting juga buat Anda, bukan hanya untuk saya. Dan saya pun ingin selalu memberikan peringatan buat Anda jikalau Anda misalnya membaca beberapa postingan saya ataupun postingan para blogger yang lain yang memberikan tutorial blog dalam membuat suatu perintah (baca :menambahkan widget, mempercantik blog, dsb) Anda harus selalu mencadangkan/mendownload template atau melakukan pratinjau terlebih dahulu jika Anda sedang menotak-atik kode HTML blog Anda. Ini adalah langkah kehati-hatian.
Okey, kembali panjang lebar lagi kayaknya...!
Sebelum mengikuti tips, info, atau tutorial blog saya mengenai cara mempercepat loading blog, langkah awal yang Anda harus lakukan adalah mengecek dahulu kecepatan awal blog Anda. Agar nantinya dapat menjadi pembanding, apakah tips, info, atau tutorial blog dari saya ini betul-betul berhasil pada blog Anda.

Bukti awal kecepatan blog saya sebelum saya melakukan modifikasi ini adalah (lihat gambar berikut ) !
mempercepat-loading-blog-info-blog
Kecepatan Blog Awal


Nah, dalam gambar terlihat bahwa kecepatan awal blog saya sebelum saya melakukan percepatn loading blog adalah 21,756 detik. Mungkin, nanti akan kaget setelah melihat gambar setelah saya melakukan modofikasi. Nih, gambar kecepatan loading blog akhir saya :
Mempercepat-Loading-Blog-tutorial
Kecepatan Blog Akhir
Ya, setelah saya melakukan modifikasi maka terlihat pada gambar di atas kecepatan blog saya berubah secara drastis kurang lebih sekitar 50 % dari kecepatan awal 21,756 menjadi 10,790. Memukau mungkin.

Bagaimana hal itu bisa terjadi ??? Rahasianya: saya memasangkan sebuah script khusus dalam kode HTML blog saya. Script khusus itu sering disebut Script Lazyload.

Bagaiamana tutorial cara pemasangannya ?

1. Kembali yang pertama sekali adalah Anda harus log in dulu ke blog Anda
2. Langsung menuju bagian Tab Template
3. Mohon lakukan dulu, pencadangan/download template Anda dulu sebelum melangkah ke step selanjutnya.
4. Setelah itu, klik Edit HTML > Lanjutkan
5. Centang Expand Template Widget.
6. Cari kode </head>
7. Copy paste kode di bawah ini, letakkan di atas kode HTML </head>
<script charset='utf-8' src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
<script src='http://zonaku.googlecode.com/files/loading.js' type='text/javascript'/>
<script charset='utf-8' type='text/javascript'>
$(function() {
$(&quot;img&quot;).lazyload({placeholder : &quot;https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjloc3uhu1y4NcRRG2jiL9cLV2mFwtZ9ARDUKQkDxLzOfaFWbrzG8xiqjr6glmKaIOWKjwGa6QOnOaS2BYC1NTDi35-RViO1XOzGkeUcCt07skfpre3ZjWh3dHw3cgj2qvtV8sUBUFv3PI/s1600/loading.png&quot;,threshold : 200});
});
</script>

8.Setelah itu, klik Simpan untuk melakukan eksekusi.

Okey, itulah tadi tips blog yang dapat saya share pada kesempatan ini. Semoga tutorial blog-nya dapat dengan mudah pahami dan aplikasikan. Catatan : jika script ini tenyata tidak berhasil dalam artian tidak ada perubahan dalam hal kecepatan blog Anda atau blog Anda semakin berat, ya saran jangan diikuti...heheheh.

Itulah tadi tips, info blog, tutorial blog yang dapat saya sharing kepada Anda. Berikut adalah postingan yang saya rekomendasikan buat Anda :
1. Seberapa cepat loading blog Anda
2. Mahir Membuat Text Area (Tipe Advanced, modifikasi)
3. Membuat Tombol Share Facebook pada blog
4. Tips Mempercantik Blog
Mohon Perhatian

Terima kasih atas kunjungan Anda di mahir blogger. Hubungi kami jika Anda menemukan konten/postingan
yang rusak/tidak terbaca. Silahkan beritahu kami dengan menulis pesan
pada kotak komentar. Kami akan berusaha menanggapi dan memperbaiki konten
tersebut secepatnya. Saran, kritik, dan komentar Anda sangat berharga buat kami. Terima Kasih, Contact on : mahirblogger@gmail.com.

Jika Anda ingin mengambil postingan saya ini sebagai referensi, selalu sertakan link aslinya:

Posted by : Mahir Blogger

Artikel Mempercepat Loading Blog diposting oleh Mahir Blogger pada 9.21.2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar. Jika diperlukan, Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog Anda, hanya mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini. Terima kasih.
Comments
1 Comments
Widget Comment FB-Blog
Senandung Cinta mengatakan... Reply Comment

Thanks infonya gan

Posting Komentar

Terimah kasih atas Kunjungan Anda di Mahir Blogger. Silahkan Anda berkomentar, bertanya, memberikan saran, tanggapan, testimoni, atau bisa saja sekedar blogwalking. Silahkan pilih, Anda mau berkomentar dengan menggunakan Account Google, Live Journal, Wordpress, Type Pad, AIM, Open Id, Name/Url Anda bahkan bagi pengguna Anonim. Mohon berkomentar yang baik-baik, demi kemajuan blog ini. Komentar atau tanggpan yang terlambat saya respon mohon dimaafkan karena kekurangan waktu saya untuk selalu on line, banyak juga pekerjaan di dunia off line. Hehehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...