Mengenal DMOZ Directory

Diposting oleh Blogger Santuy on 9.14.2012


Get free daily email updates!

Follow us!

Mengenal DMOZ Directory-Info Blog
Info Blog-Ini sebenarnya adalah suplement bagi mereka yang ingin lebih dekat mengenai Website Directory atau pun Blog Directory. Setelah sebelumnya memang saya sudah memberikan artikel pemantik bagi siapa saja Anda yang ingin mencari tahu sedikit definisi dari Web/Blog Directory pada postingan saya yang berjudul "Pengertian Web/Blog Direktori".

Dmoz directory adalah salah satu dari sekian direktori yang ada. Pada postingan ini saya lebih fokus untuk memberikan Anda Info Blog yang semoga dapat memberikan Anda pengetahuan baru mengenai hal ini. Saya pilih DMOZ Directory karena DMOZ sendiri memiliki banyak kelebihan di banding direktory lain. Apa saja itu ? Ayo, kita cek bersama-sama.
Open Directory Project (ODP), dikenal juga dengan nama Dmoz (dari directory.mozilla.org, nama domain aslinya), adalah sebuah direktori konten terbuka multibahasa dari World Wide Web link. Sahamnya dimiliki oleh Netscape tapi dibangun dan dikelola oleh komunitas editor sukarela. ODP menggunakan skema hierarkis ontologi untuk mengatur daftar situs-situs. Daftar topik serupa dikelompokkan ke dalam kategori yang dapat mencakup kategori yang lebih kecil (wikipedia)

DMOZ adalah direktori terbesar, dan paling komprehensif dalam hal penyuntingan-pengeditan direktori web. DMOZ dibangun dan dikelolah oleh secara luas komunitas global yang merupakan editor relawan.
DMOZ hadir tumbuh suburnya penggunaan dan pembuatan website maupun blog. Pertumbuhan dan perkembangan website ataupun blog pada dekade terakhir mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan.DMOZ mengikuti jejak beberapa para editor terpenting atau kontributor paling penting dari abad 20.


DMOZ adalah satu-satunya website direktori yang terbesar yang memberikan layanan 100% gratis. Dengan mendaftarkan blog ataupun website Anda di DMOZ maka Anda tidak akan pernah di pungut biaya sepeser pun. DMOZ memberikan pelayanan gratisnya kepada siapa saja pengguna internet yang memiliki website ataupun blog untuk yang mematuhi kesepakatan atau aturan yang telah ditentukan oleh DMOZ.
Catatan Sejarah DMOZ
 
ODP didirikan di Amerika Serikat dengan nama Gnuhoo oleh Rich Skrenta dan Bob Truel pada tahun 1998 saat mereka berdua bekerja sebagai insinyur untuk Sun Microsystems. Chris Tolles, yang bekerja di Sun Microsystems sebagai kepala pemasaran untuk produk-produk keamanan jaringan juga ditandatangani pada tahun 1998 sebagai salah satu pendiri dari Gnuhoo bersama dengan para pendiri Bryn Dole dan Jeremy Wenokur. Skrenta telah mengembangkan TASS, leluhur dari timah, Berita Usenet ulir populer untuk sistem Unix. Kebetulan, struktur kategori asli dari direktori Gnuhoo berdasarkan bebas pada struktur newsgroup Usenet kemudian ada. Direktori Gnuhoo mulai berjalan pada 5 Juni 1998. Setelah sebuah artikel Slashdot menyarankan Gnuhoo yang punya apa-apa dengan perangkat lunak bebas, yang dikenal proyek GNU, Richard Stallman dan Free Software Foundation keberatan dengan penggunaan sistem Gnu. Jadi Gnuhoo berubah menjadi NewHoo. Yahoo! kemudian keberatan penggunaan 'Hoo' dalam nama, mendorong mereka untuk beralih nama lagi. ZURL adalah pilihan mungkin. Namun, sebelum beralih ke ZURL, NewHoo diakuisisi oleh Netscape Communications Corporation pada Oktober 1998 dan menjadi Open Directory Project. Netscape merilis data ODP dibawah lisensi Open Directory. Netscape diakusisi oleh AOL tak lama kemudian dan ODP menjadi salah satu aset yang termasuk dalam akuisisi. Kemudian AOL bergabung dengan Time Warner. (wikipedia)


Keuntungan mendaftarkan blog Anda ke DMOZ Directory :

DMOZ adalah otak atau brain bagi mesin-mesin pencari terbesar di dunia seperti google, aol, msn, yahoo, dll dalam mengindex website atau blog yang terdaftar di DMOZ.

Mesin pencari seperti google, aol, msn. yahoo, menggunakan informasi yang terdapat di dalam direktori Dmoz untuk mengevaluasi halaman, deskripsi, title dari suatu web yang sudah terlisted di Dmoz.

Info lain terkait dengan DMOZ Directory adalah :   
  • Buatlah konten situs anda sebaik mungkin.     
  • Hindarkan memasang banyak iklan dan link afiliasi di situs ketika hendak didaftarkan ke DMOZ. 
  • Fokuslah pada satu bahasa. Jangan memakai bahasa campuran (misal : Inggris dan Indonesia).
  • Jangan mendaftarkan situs yang baru saja anda buat/masih muda. Situs dengan hanya sedikit konten pasti akan ditolak. 
  • Cukup daftarkan blog anda sekali, jangan berulang-ulang.

Mohon Perhatian

Terima kasih atas kunjungan Anda di mahir blogger. Hubungi kami jika Anda menemukan konten/postingan
yang rusak/tidak terbaca. Silahkan beritahu kami dengan menulis pesan
pada kotak komentar. Kami akan berusaha menanggapi dan memperbaiki konten
tersebut secepatnya. Saran, kritik, dan komentar Anda sangat berharga buat kami. Terima Kasih, Contact on : mahirblogger@gmail.com.
Selalu gunakan dan jangan hapus link postingan halaman ini, jika Anda ingin mengambilnya sebagai referensi :

Posted by : Mahir Blogger

Artikel Mengenal DMOZ Directory diposting oleh Mahir Blogger pada 9.14.2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar. Jika diperlukan, Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog Anda, hanya mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini. Terima kasih.
Comments
1 Comments
Widget Comment FB-Blog
max enhancer mengatakan... Reply Comment

Trimakasih mas artikel nya sangat membantu saya yang lagi belajar ngeblog,ilmu nya berguna sekali buat saya
My Blog : arya

Posting Komentar

Terimah kasih atas Kunjungan Anda di Mahir Blogger. Silahkan Anda berkomentar, bertanya, memberikan saran, tanggapan, testimoni, atau bisa saja sekedar blogwalking. Silahkan pilih, Anda mau berkomentar dengan menggunakan Account Google, Live Journal, Wordpress, Type Pad, AIM, Open Id, Name/Url Anda bahkan bagi pengguna Anonim. Mohon berkomentar yang baik-baik, demi kemajuan blog ini. Komentar atau tanggpan yang terlambat saya respon mohon dimaafkan karena kekurangan waktu saya untuk selalu on line, banyak juga pekerjaan di dunia off line. Hehehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...